4 Fakta Unik Tentang Cokelat
Cokelat… hmmmm… siapa sih yang bisa menolak kalau disodorin sama cemilan manis yang satu ini Sob? Pasti ngga bakalan menolak yaa.. Cokelat sendiri merupakan

Cokelat… hmmmm… siapa sih yang bisa menolak kalau disodorin sama cemilan manis yang satu ini Sob? Pasti kebanyakan orang ngga bakalan menolak yaa.. Cokelat sendiri merupakan salah satu kudapan paling populer di dunia. Terbuat dari biji kakao yang diolah sedemikian rupa, sehingga membuat rasa cokelat dengan tekstur lembutnya  mampu membius siapa pun yang memakannya.

Panganan manis dengan rasa lezat ini, kini bahkan telah tersedia dalam beragam bentuk, mulai dari cokelat batangan, cokelat bubuk, kue cokelat, minuman cokelat, dan juga campuran beragam makanan yang diolah dari cokelat, salah satunya Chocomania Chocolate Chips Cookies, kukis dengan taburan butiran cokelat, yang rasa enaknya kebangetan…

Selain rasanya yang enak, cokelat juga dipercaya memiliki beragam khasiat yang sangat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah kandungan flavonoid dalam cokelat yang dipercaya dapat mengurangi risiko terkena stroke dan juga serangan jantung. Ngga cuma itu sob, kandungan serotonin dalam cokelat, ternyata dapat membuat penikmat cokelat merasa lebih bahagia dan terhindar dari depresi setelah mengonsumsinya..

Tuh kan, makanya ngga heran, kalau cokelat banyak diburu orang yaa.. Bahkan menurut International Cocoa Organization, warga Swiss, Britania Raya, teramat sangat menyukai cokelat, sehingga rata-rata warganya mengonsumsi 11 kilo cokelat dalam setahun.. wow!!

Nah, ngga cuma itu aja sob, ternyata cokelat juga memiliki fakta unik lainnya, yang pasti kamu belum tahu. Ini dia nih, langsung aja disimak…

1. MENJADI MATA UANG BAGI MASYARAKAT SUKU MAYA

TENTANGCOKLAT-2

Kalau biasanya cokelat sering jadi pilihan untuk hadiah di hari kasih sayang, faktanya ternyata jaman dahulu, cokelat justru menjadi mata uang bagi masyarakat suku maya. Dari laman Sciencemag, diketahui bahwa seorang antropolog dan juga ahli untuk suku maya, David Freidel, menyatakan kalau cokelat adalah salah satu barang yang cukup berpengaruh pada saat itu.

Menurut sebuah laporan di jurnal Economic Anthropology, masyarakat maya tidak pernah menggunakan koin untuk transaksi jual beli. Mereka lebih banyak menggunakan sistem tukar menukar atau barter, untuk mendapatkan barang ataupun jasa. Selain menggunakan tembakau, jagung, dan pakaian sebagai alat barter, masyarakat suku maya juga menggunakan cokelat, sebagai alat pembayaran.

Cokelat yang digunakan pada masa itu sendiri  bukanlah cokelat batangan yang biasa dijadikan camilan, tapi biji kakao, yang merupakan bahan dasar pembuatan cokelat. Fakta ini ternyata berdasarkan penelitian juga  loh sob… Beberapa peneliti menemukan penggambaran cokelat sebagai mata uang suku maya, dari beberapa mural, lukisan keramik dan juga ukiran dari peninggalan abad ke 8, yang menunjukkan bahwa biji kakao digunakan sebagai mata uang. Wahhh gimana yaa rasanya kalau samapai sekarang cokelat masih dipakai sebagai pengganti mata uang?

2. MEMBUAT KAMU PANJANG UMUR

TENTANGCOKLAT-3

Sebuah penelitian terbaru dari University of Erlangen, Jerman dan Auburn University, Amerika Serikat mengungkapkan kombinasi cokelat dan zink ternyata bisa membuat seseorang panjang umur. Hal ini dikarenakan cokelat dan zink dapat mengaktifkan senyawa yang memperlambat penuaan.

Didalam cokelat sendiri banyak mengandung antioksidan polifenol, yang jika digabung dengan zink dapat lebih efektif dalam melawan stress, dan melindungi tubuh dari kerusakan sel. Stress oksidatif biasanya muncul secara alami di dalam tubuh, dan dapat mengakibatkan penuaan hingga peradangan, penyakit degeneratif dan kanker. Jadi Sob, kalau mau panjang umur, buruan deh makan cokelat, tapi ingat yaa jangan kelebihan juga makan cokelatnya…

3. CAMILAN MALAM NAPOLEON TERNYATA COKELAT, SOB!

TENTANGCOKLAT-4

Sob, kenal dong sama yang namanya Napoleon Bonaparte? Pemimpin kenamaan asal Perancis tersebut ternyata juga sangat menyukai cokelat loh.. Konon, Napoleon selalu meminta pasukannya untuk menyediakan cokelat untuk dirinya dan juga penasehat seniornya. Bahkan saat dirinya tengah menjalani kampanye militer dan harus bekerja hingga larut malam, Napoleon Bonaparte diketahui lebih memilih untuk memakan cokelat dibandingkan meminum kopi. Wah ternyata cokelat memang sangat disukai oleh semua kalangan yaa Sob..

4. WOW! 17.000 ORANG DI BELGIA IKUT BIKIN COKELAT!

TENTANGCOKLAT-5

Siapa sih yang ngga kenal dengan kelezatan dari cokelat Belgia? Bahkan karena kelezatannya tersebut, Belgia sampai disebut-sebut sebagai Negara Cokelat loh Sob… Makanya ngga heran juga kalau sekitar 17.000 orang di Belgia ikut bikin cokelat! Yuppzz, karena industri cokelat Belgia telah berusia lebih dari 400 tahun, dan pabrik cokelat terbesar di dunia ada di Belgia.. Dan pabriknya ngga hanya satu ya Sob, tapi 6 pabrik cokelat ternama ada di Negara ini..

Ngga cuma itu Sob, di Belgia juga terdapat 16 museum cokelat, toko cokelat besar di setiap kotanya, dan bahkan di pedesaannya juga terkenal sebagai penghasil cokelat yang sangat nikmat. Jadi sudah kebayang dong yaa, berapa banyak orang di Belgia yang ikut bikin cokelat..

Wahh ternyata banyak banget fakta unik yang belum diketahui tentang cokelat yaa Sob.. Nah, buat kamu yang mau ngerasain rasa cokelat yang bikin hati jadi gembira, coba ajah deh Chocomania Rich Chocolate Chip Cookies, kukis cokelat dengan taburan cokelat yang rasanya cokelat banget…